Friday 21 January 2011

Cara Daftar IELTS?

Perlu IELTS untuk keperluan kerja atau studi? Beberapa pekan yang lalu saya coba daftar. Nggak begitu rumit (meski harus sedikit bolak-balik :p). Karena saya sendiri masih nunggu eksekusi ujian saya sendiri, jadi postingan ini hanya untuk tahap pendaftaran dan persiapan saja.


Saya coba untuk mendaftar IELTS dari Bandung, semoga tidak begitu berbeda dari kota-kota lain.


Untuk mendaftar IELTS, saya lakukan melalui IDP Bandung (Jl. Sulanjana no.3 Bandung). Untuk awalan lebih baik kita bertanya terlebih dahulu mengenai persyaratan dan teknis ujian nanti. Kalau persyaratan udah lengkap dan feeling kita udah klop dengan ujian ini, kita bisa langsung daftar.


Umumnya persyaratan yang kemarin diminta untuk dilengkapi adalah :

  • Bukti pembayaran tes IELTS (dilakukan melalui transfer ke rekening Yayasan Pendidikan Australia). Transfer uang dilakukan melalui Commonwealth Bank sebesar USD 195. Nominal ini nantinya akan diubah ke kurs rupiah, jadi kita cukup membayar dengan rupiah saja. Selesai melakukan transfer, kita akan mendapatkan Deposit Slip dari Bank sebagai bukti transfer. Fotokopilah Deposit Slip ini terlebih dahulu karena kopiannya lah yang akan digunakan untuk mendaftar IELTS di IDP nanti.



Deposit Slip dari Commonwealth Bank

  • Pas Foto terbaru 4 x 6 sebanyak dua lembar (diambil tidak lebih dari 6 bulan sebelum pendaftaran). Sebetulnya tidak dijelaskan mengenai warna latar didalam selebaran yang diberikan IDP, namun pihak IDP meminta saya untuk menggunakan warna latar putih.




  • Kartu identitas yang masih berlaku. Anda bisa menggunakan KTP atau Paspor. Kartu identitas inilah yang nantinya harus dibawa saat ujian (Tanda pengenal yang dibawa saat mendaftar dan saat ujian haruslah sama). Sebelum mendatangi IDP untuk mendaftar, fotokopilah KTP/Paspor anda, karena akan diminta sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Setelah seluruh persyaratan lengkap anda perlu mengisi formulir yang akan diberikan oleh pihak IDP mengenai data pribadi dan sebagainya. Setelah seluruh persyaratan dan formulir diberikan ke pihak penyelenggara, kita hanya perlu menunggu konfirmasi tempat ujian dari mereka nantinya.


selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment