Monday 3 January 2011

Jantung Kita

Kita mewarisi banyak hal dari keluarga kita--penampilan fisik, paham politik, sampai mungkin resep makanan. Silakan tambahkan gangguan jantung kedalam daftar itu. Pada umumnya, jika ada orangtua atau anggota keluarga lain mengidap penyakit jantung koroner sebelum usia enam puluh tahun, kesempatan kita mendapatkannya kemungkinan besar akan lebih tinggi daripada rata-rata orang lain. Mengapa begitu?. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan ketidaknormalan dalam produksi lipid yang bisa diwariskan--yaitu kecenderungan kita untuk memiliki tingkat LDL yang lebih tinggi atau HDL yang lebih rendah. LDL atau disebut juga "Bad Cholesterol" mampu mengakibatkan penyumbatan arteri darah, sementara HDL atau "Good Cholesterol" mampu membersihkan penyumbatan akibat LDL didalam arteri. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kelakuan juga dapat diwariskan. Bila Ayah anda merokok, mungkin anda juga akan merokok. Bila keluarga anda suka mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi (makanan tipe ini bisa menimbulkan tekanan darah tinggi), maka mungkin anda juga begitu. Bila Ibu anda memiliki pekerjaan yang mudah menimbulkan stres, anda juga mungkin akan ikut-ikutan. Ada lebih dari satu jenis mekanisme yang bisa terjadi. Apapun mekanismenya, seseorang yang berasal dari keluarga yang memiliki sejarah penyakit jantung harus ekstra hati-hati terhadap kelakuan yang mengundang resiko. Tapi anda tidak diperkenankan menyalahkan leluhur anda, karena pada faktanya gaya hidup lebih membahayakan. Silakan perhatikan 'racun-racun kardiovaskular' yang ada disekeliling kita-- rokok, daging berlemak, dsb. Intinya, kalau anda mengenali musuh jantung anda, anda akan tahu bagaimana mengalahkannya.

Data ilmiah menunjukkan bahwa selain kalori yang dibakar dari aktivitas fisik kita sehari-hari, kita juga memerlukan sekitar 60 menit dalam seminggu untuk latihan stamina (data yang berbeda ditunjukkan oleh buku lain yang saya baca, dari Kenneth Cooper). Latihan 60 menit ini pada akhirnya bisa diwujudkan dalam tiga kali dua puluh menit latihan per minggu sebagai latihan stamina yang penting untuk mendapatkan kesehatan. Latihan yang lebih banyak diperlukan untuk meningkatkan bentuk tubuh . Kadar latihan yang telah dicantumkan diatas juga akan membuat anda berkeringat di ruangan yang sejuk.

Ada beberapa alasan mengapa latihan begitu penting. Satu diantaranya adalah karena aktivitas fisik seberapa pun dapat menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan ketika jantung berkontraksi, angka yang pertama atau diatas) dan diastolik (tekanan pada arteri ketika jantung beristirahat, angka yang ada dibawah atau kedua), yang merupakan faktor terpenting dalam kerusakan arteri. Lakukanlah olahraga secara teratur karena olahraga juga dapat membantu mencegah melarnya badan anda sampai dua kali lipat dari yang sebenarnya. Anda meningkatkan resiko penyakit jantung bila anda betul-betul kelebihan berat badan, karena kelebihan berat badan bisa membawa kemungkinan tekanan darah tinggi, tingkat LDL yang lebih tinggi, dan diabetes yang akan melemahkan keinginan berolahraga. 

Beri Makan Jantung Kita
Dari waktu ke waktu semakin jelas bahwa makanan merupakan alat paling kuat bagi anda untuk menjaga tubuh (terutama jantung) dalam kondisi optimal. Berikut makanan yang bisa merawat jantung kita.
Kacang-Kacangan. Makanlah setidaknya segenggam kacang per hari. Kacang merupakan sumber terbaik lemak dan protein yang menyehatkan. Jenis kacang terbaik adalah kenari (mengandung asam lemak omega-3 tertinggi). Namun semua jenis kacang pada dasarnya baik untuk anda.
Ikan. Seharusnya kita mengkonsumsi tiga porsi ikan per minggu. Ikan, terutama yang berlemak (salmon, ikan putih, cod) mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Ikan dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah, menstabilkan detak jantung, dan mampu menurunkan tekanan darah.
Flavonoid. Dapatkan 31 milligram flavonoid per hari. Flavonoid merupakan zat antioksidan dan antiperadangan yang kuat. Substansi ini muncul dalam makanan dari tumbuhan tertentu, seperti pada kacang-kacangan dan hampir semua jenis teh. Jumlah diatas bisa anda dapatkan dengan meminum beberapa gelas teh.
(Disadur dari: You:The Owner's Manual, M. F. Roizen dan Mehmet C. Oz)

No comments:

Post a Comment