Wednesday 9 February 2011

Mengembalikan Akun Facebook yang di-hack

Beberapa rekan tempo hari mengeluh dan membuat akun facebook baru karena akun facebook lama mereka dihack oleh seseorang. Entah bagaimana, tampaknya memang sedang marak pencurian identitas lewat hacking facebook. Bagaimana kita harus menanggulanginya?
Berikut beberapa step yang bisa saya utarakan.


Pada dasarnya saat akun facebook kita di hack oleh seseorang, artinya orang tersebut memiliki password/akses untuk memasuki akun kita, dan kemudian mengganti password yang ada sehingga kita tidak bisa masuk. Atau, orang tersebut menggunakan software/engine tertentu untuk memaksa masuk kedalam akun kita. Untuk kasus yang terakhir, ada kalanya para pembobol gagal sehingga akun kita malah beku (freeze) sehingga kita juga ikut-ikutan tidak bisa masuk. Masalahnya adalah bagaimana kalau ternyata orang yang berhasil masuk mengetahui password kita dan mengganti password dari dalam sehingga kita tidak bisa mengaksesnya? 
Masalah tersebut bisa kita selesaikan dengan melakukan reset password pada facebook dan meminta mereka mengirim ulang password reset ke email kita. DENGAN SYARAT email yang kita gunakan untuk melakukan login ke facebook tidak ikut dibajak ATAU data email di akun facebook kita tidak diganti oleh si pembajak. 


Selama kedua hal tersebut tidak terjadi, cukup masuk ke halaman awal facebook dan klik 'forgot your password?'di kanan atas.



Setelah itu akan muncul pertanyaan mengenai data dan informasi diri anda. Lanjutkanlah sampai proses ini selesai.



Sedangkan apabila yang terjadi adalah email login address anda menuju facebook telah dihack, atau data email anda di akun facebook telah diganti, lakukan pengaduan pada facebook.
klik/salin alamat berikut : http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=hack_login_changed

Setelahnya, lakukanlah pengisian form seperti yang diajukan oleh pihak facebook hingga selesai.


Tunggulah reply dari pihak facebook. selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment