Monday 11 April 2011

Teknik Dasar Pencarian Google

Teknik dasar pencarian google digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan ketimbang hanya dengan menggunakan kata-kata saja (pencarian kata sederhana).

Pencarian Kata Sederhana
Yaitu pencarian satu suku kata atau lebih tanpa menggunakan karakter kata kunci tertentu. Misalnya : "Buku Sastra", atau "Printer Canon". Kata-kata tersebut kemudian digunakan sebagai kata kunci dalam pencarian.

Pencarian dengan karakter plus/tanda tambah [+]
Google mendukung kata kunci operator boolean "AND". Jika dituliskan, operator ini akan diwakili karakter [+]. Saat karakter ini digunakan, google secara otomatis akan mencari setiap kata yang sesuai dengan syarat dari operator boolean "AND". Saat melakukan pencarian, lebih baik hindari kata kunci yang sangat mendasar, seperti "the", "how", atau "where". Gunakan karakter [+] untuk membatasi penggunaan kata kunci umum. Gunakan karakter tersebut tanpa menggunakan spasi. 
Contoh : 
Keyword awal : where black swan
Keyword akhir : +where black swan

Pencarian menggunakan karakter minus [-]
Tanda ini digunakan untuk mencari sinonim dari kata kunci yang berada di belakangnya. Penggunaannya diletakkan sebelum kata kunci tanpa menggunakan spasi.
Contoh :
Keyword Awal: where black swan
Keyword akhir: where -black swan

Pencarian Kalimat
Untuk mencari suatu informasi berbentuk kalimat, disarankan untuk menggunakan tanda petik dua [".."]. Misalnya : "Kamus Bahasa Indonesia"

Jika kita menggunakan kata kunci yang berbentuk frasa, sangat dianjurkan untuk menggunakan teknik ini. Katakanlah kita ingin mencari software Adobe Photoshop diinternet. Alih-alih menuliskannya sebagai : download Adobe Photoshop
kita bisa menuliskannya sebagai : download "Adobe Photoshop"
sehingga kata 'Adobe' dan 'Photoshop' tidak akan dipisahkan oleh google saat melakukan pencarian.

No comments:

Post a Comment