Friday, 25 February 2011

Koneksi Internet Melambat

Kasus koneksi internet yang lambat memang hampir pernah menghinggapi setiap pengguna internet. Penyebabnya pun dapat bervariasi. Kebanyakan dari kita setelah mengalami ini langsung melaporkan ke pihak penyedia jasa. Tapi masalahnya adalah, bagaimana kalau mereka tidak mendeteksi adanya gangguan koneksi menuju kita? Berikut beberapa hal yang mungkin perlu anda cek sebelum akhirnya menyerah dengan menunggu pihak penyedia jasa/ISP memperbaikinya (pengaduan anda akan dilaporkan ke pusat, saya pernah mengalaminya, dan itu akan memakan waktu lama. Lebih baik anda berinisiatif menemukan solusi masalah anda sendiri).

Saat penyedia jasa, ISP, mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan koneksi, mungkin saya sependapat dengan mereka... Tapi mungkin juga tidak. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kecepatan internet kita bervariasi, tetapi secara umum katakan saja bahwa kita tidak mengharapkan latensi (waktu yang diperlukan bagi respon untuk tiba) lebih dari 3.5 detik.

Coba cek beberapa hal berikut :
  • Aktivitas komputer anda. Saya tebak bukan ini permasalahannya, tetapi tetap saja bisa menjadi salah satu penyebab. Katakanlah, khususnya, mungkin ada virus yang tertanam pada komputer anda dan menanam spam-bot. Mereka secara berkala akan mengirim batch berukuran besar (spam) yang tentunya akan mempengaruhi kinerja komputer.
  • Kualitas jalur telepon. Ok, inilah yang saya alami beberapa minggu lalu. Awalnya adalah koneksi internet yang melambat, kemudian diikuti gangguan suara di telepon, dan puncaknya, telepon mati. Ketika ditanyakan pada ISP, mereka tidak mendeteksi adanya gangguan. Akhirnya saya mengunjungi kantor cabang dan mereka mengirim orang untuk pengecekan. Ternyata ada kabel telepon dari rumah saya menuju tiang yang sudah rusak. Setelah diganti, telepon dan internet membaik kembali.
  • ISP Traffic. Meskipun koneksi DSL ke ISP hanya digunakan oleh anda (artinya anda tidak menggunakan LAN dan berbagi internet dengan komputer lain dirumah atau kantor), tetap saja pada beberapa titik "hulu", koneksi kita digabungkan dengan traffic internet orang lain. (Pernah anda mencoba berinternet di dini hari dan siang hari? saya merasakan bedanya).
  • Kualitas Modem. Setelah kita menggunakan modem kita dalam jangka waktu yang lama, bisa saja modem tersebut rusak atau menurunkan kualitas koneksi. Mungkin tidak menggagalkan koneksi secara langsung, tapi koneksi yang melambat bisa menjadi salah satu penyebabnya.
  • Masalah dengan network card atau peralatan komputer. salah satu alasan mengapa terkadang ISP menganjurkan kita untuk mematikan koneksi dari komputer lain kecuali 'satu' saja komputer yang tersambung ke internet adalah bahwa hal ini akan menghilangkan kemungkinan peralatan lain yang mengalami kerusakan. Dalam hal ini, mungkin saja perubahan bisa terjadi jika anda menggunakan komputer yang berbeda.

Seperti yang anda lihat. Ada beberapa poin yang bisa menyebabkan gangguan koneksi internet. ISP yang baik akan membantu kita mendiagnosa solusi untuk masalah kita, atau setidaknya memberikan nomor kontak kantor cabang atau perusahaan yang mampu mengecek kerusakan pada jaringan telepon rumah kita. ( Kacaunya, meskipun ISP kita dan perusahaan telepon kita memiliki 'nama' yang sama, bukan berarti mereka berada dalam usaha yang sama, atau setidaknya dalam divisi yang bisa saling bekerja sama. Seringkali, yang terjadi adalah sebaliknya. Saran saya, untuk mengecek koneksi telepon di sekitar rumah kita (seperti kabel dsb.), kontak saja kantor cabang perusahaan telepon di kawasan anda. Karena kalau ke ISP, menurut pengalaman saya, akan diputar dulu ke pusat, dan akan memakan waktu berhari-hari.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment